Manfaat Apel

Buah yang satu ini sudah sering kita jumpai di pedagang buah di pinggir jalan yang kita lewati sehari – hari. Ada yang import dengan warna dominan merah, maupun local yang dominan berwarna hijau. Apel, dalam bahasa latin disebut Pyrus malus, buah yang selama ini lazimnya hanya dimanfaatkan untuk pencuci mulut atau untuk bahan juice. Mungkin belum banyak yang mengetahui manfaat buah apel selain kandungan vitamin C dan vitamin A yang ada di dalamnya.

            Kandungan zat gizi yang paling dominan yang terdapat pada apel adalah kalori, oleh karena itu apel cocok dikonsumsi orang yang sedang diet sebagai pengganti nasi. Harganya yang relatif terjangkau

membuat buah ini sering menjadi hidangan penutup setelah makanan utama. Apel (Pyrus malus) dapat hidup subur di daerah yang mempunyai temperatur udara dingin. Tumbuhan ini di Eropa dibudidayakan terutama di daerah subtropis bagian Utara. Sedang apel lokal di Indonesia yang terkenal berasal dari daerah Malang, Jawa Timur. Atau juga berasal dari daerah Gunung Pangrango, Jawa Barat. Di Indonesia, apel dapat tumbuh dan berkembang dengan baik apabila dibudidayakan pada daerah yang mempunyai ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut. Tumbuhan apel dikatagorikan sebagai salah satu anggota keluarga mawar-mawaran dan mempunyai tinggi batang pohon dapat mencapai 7-10 meter. Daun apel sangat mirip dengan daun tumbuhan bunga mawar. Berbentuk bulat telur dan dihiasi gerigi-gerigi kecil pada tepiannya. Pada usia produktif, apel biasanya akan berbunga pada sekitar bulan Juli. Buah apel yang berukuran macam-macam tersebut sebenarnya merupakan bunga yang membesar atau mengembang sehingga menjadi buah yang padat dan berisi.

            Selain beberapa manfaat dari apel yang telah diuraikan di atas, ternyata apel juga mempunyai manfaat sebagai obat penyakit Diabetus Mellitus (kencing manis), juga bisa untuk obat diare. Berikut cara penggunaannya :

1. Diabetes Mellitus

    Bahan: 1 biji buah apel berukuran sedang.

    Cara membuat : dibelah menjadi 4 bagian dan direbus dengan air 3-4

    gelas sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas.

    Cara menggunakan : diminum pagi-sore, dan dilakukan secara rutin.

2. Diare

    Bahan: buah apel yang belum begitu masak.

    Cara menggunakan: dimakan biasa.

            Apel (Pyrus malus) selain mempunyai kandungan senyawa pektin (sumber serat dalam makanan), juga mengandung beberapa zat gizi, antara lain (per 100 gram) : – Kalori 58 kalori – Hidrat arang 14,9 gram – Lemak 0,4 gram – Protein 0,3 gram – Kalsium 6 mg – Fosfor 10 mg – Besi 0,3 mg – Vitamin A 90 SI – Vitamin B1 0,04 mg – Vitamin C 5 mg – dan Air 84 %.

             Demikian sedikit tulisan yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat bagi anda, saran dan kritik anda sangat kami harapkan. ARIF”PRY” 081 55 66 82 489. 

Sumber : IPTEKnet

Leave a comment